Membuat blog lebih baik

Membuat Blog Lebih Baik

Membuat Blog Lebih Baik - Sebelumnya, Saya menulis artikel tentang Tutorial Blogging yang berjudul Membuat Blog Lebih Menarik. Membuat blog kini semakin mudah saja rasanya. Bahkan saking mudahnya, bagai membalikkan telapak tangan. Fakta menunjukkan, kemudahan tersebut telah melahirkan begitu banyak blogger baru.  Tapi, menarik belum tentu baik. Tapi tetap saja kemudahan itu tak berarti semua Blogger mengerti benar bagaimana membuat Blog yang baik, sehingga sering dikunjungi orang. Bagi sebagian besar, ternyata mengelola blog masih dianggap sebagai hal yang sulit. Akibatnya banyak orang membuat blog tapi kemudian mengabaikannya begitu saja. Padahal dengan pengelolahan yang baik, blog memiliki potensi untuk jadi populer dan menguntungkan secara finasial.

Pada kali ini saya akan coba mensarikan kembali panduan bagaimana menjaga dan mengelola blog agar senantiasa baik, menarik dan informatif.
  • Fokus pada Satu Topik Bahasan
Hampir semua pakar internet marketing menyarankan hal ini. Membuat Konten sebuah blog sebaiknya fokus pada satu tema bahasan yang menarik dan bermanfaat. Sebab, pembaca akan tertarik jika Blog berisi topik bahasan yang jelas dan khusus. Informasi Blog yang fokus akan membuat pengunjung setia untuk berkunjung terus. Tentu saja dengan seperti ini akan tercipta jaringan pembaca yang loyal.

  • Buat Lebih Informatif
Membuat blog lebih informatif, artinya konten yang ditampilkan berisi informasi terkini. Ini bisa dilakukan dengan cara menampilkan fakta-fakta yang terpercaya atau menyajikan artikel dan opini tentang hal-hal yang sedang berkembang. Intinya usahakan sebisa mungkin isi konten benar-benar bermanfaat bagi pembaca.

  • Update Secara Rutin dan Berkala
Blog yang diupdate secara rutin sangat disukai oleh search engine (mesin pencari). Ini secara otomatis akan membuat Blog kita akan selalu direkomendasikan oleh mesin pencari untuk dikunjungi, karena berada di dereten atas. Luangkan waktu 1-2 hari saja untuk memposting tulisan. Tidak usah terlalu banyak cukup 300 sampai 500 kata saja untuk satu topik bahasan. Karena kalau terlalu banyak pembaca juga akan bete dan bosan.

  • Buat Konten yang Jelas dan Mudah Dimengerti
Membuat postingan yang jelas dan mudah dimengerti oleh pembaca, membutuhkan latihan. Tapi biasanya para Blogger adalah orang-orang yang cenderung suka menulis, maka dengan sendirinya kemampuan untuk menulis akan meningkat dari waktu ke waktu. Tidak perlu menjelaskan sesuatu dengan dalam kalimat-kalimat panjang karena malah bisa membingungkan. Biasanya, penjelasan yang singkat dan sederhana justru bisa mengena.

  • Pakai Judul yang Menarik
Judul yang menarik pasti akan membuat siapapun penasaran untuk membaca isinya. Maka memilih judul postingan yang atraktif menjadi hal penting untuk menarik perhatian pembaca. Namun membuat judul yang terlalu berlebihan sehingga keluar konteks, justru tidak akan efektif. Hal ini justru bisa membuat pembaca menganggap blog hanya mengandalkan sensasi saja.

  • Pentingnya Kuantitas
Pastikan untuk arsip semua postingan blog Anda untuk menciptakan sebuah portal internet yang kaya konten. Selain memantapkan keberadaan blog, hal ini akan berpengaruh terhadap tampilnya blog Anda di mesin pencari Internet.

  • Cermati Tulisan Anda Sebelum Dipublish
Seperti yang kita tahu, apapun yang dipublikasi di internet bisa dibaca banyak orang. Untuk itu, agar terhindar dari masalah, sebaiknya cermati dengan benar apa yang telah ditulis sebelum dipublish di blog. Teliti pula agar tidak ada salah kata ataupun kalimat salah ketik yang mengganggu.

Oke, sekian dulu tulisan dari Saya ini. Apabila ada kritikan atau apapun, silahkan tulis di kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di postingan yang akan datang. Terimakasih.

Penulis : Ockto ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Membuat blog lebih baik ini dipublish oleh Ockto pada hari Jumat, 23 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Membuat blog lebih baik
 

0 komentar:

Posting Komentar