13 Alasan Orang Menggunakan Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd yang merupakan perusahaan milik seorang kosmonot asal Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan, "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
Berikut 13 Alasan Orang Menggunakan Ubuntu dan Meninggalkan Windows :
  • (1) Pengoperasian (instalasi dan pemakaian) OS Ubuntu (linux) tidaklah terlalu sulit, bahkan sudah semudah OS Windows. Begitu juga dengan aplikasi-aplikasinya, misal aplikasi Open Office di OS Ubuntu bisa digunakan semudah menggunakan Ms Office di OS Windows, buktikan aja.
  • (2) Hampir atau bahkan semua software yang saya butuhkan terpenuhi mulai dari audio/video player, office, internet, games, graphic, programming, dsb. Awalnya saya ragu dalam hal ini, tapi setelah saya tahu bahwa semua software yang saya butuhkan ada di OS Ubuntu maka saya menjadi semakin mantap meninggalkan OS Windows.
  • (3) Tidak lagi pusing memikirkan keamanan data, tapi bukan berarti Ubuntu aman atau bebas dari virus/malware/worm dsb, namun setidaknya “programmer” program “jahat” untuk OS Ubuntu belum sebanyak pada OS Windows, selain karena arsitektur n karakteristik dari OS Ubuntu lebih secure dibandingkan dengan OS Windows.
  • (4) Performance baik dari sisi tampilan maupun kecepatannya bisa dibandingkan dengan OS Windows (XP/Vista/7). Jika kita masih merasa lebih nyaman menggunakan tampilan n karakteristik OS Windows maka kita bisa menggunakan theme OS Windows pada OS Ubuntu, sehingga kita akan merasakan atmosfir OS Windows yang akan membuat kita tidak canggung lagi.
  • (5) Fitur yang dimiliki OS Ubuntu sudah selengkap dan secanggih OS Windows bahkan lebih. Sepertinya apapun fitur yang kita jumpai di OS Windows maka fitur sejenis juga akan kita jumpai di OS Ubuntu. Bahkan beberapa fitur justeru lebih baik daripada OS Windows.
  • (6) Dukungan terhadap hardware komputer sudah cukup bahkan sangat memadai. Setidaknya laptop saya ACER ASPIRE 4720Z sudah mantap dan percaya diri menjalankan OS Ubuntu.
  • (7) Jika ada masalah atau yang ingin ditanyakan tentang OS Ubuntu maka kita bisa menemukan sejuta solusi atau jawaban di internet (website official/unofficial,forum,milis,web pribadi) atau bahkan pada komunitas-komunitas di dunia nyata.
  • (8) Jauh lebih seru menggunakan OS Ubuntu.. kalo dalam bahasa iklan.. membuat hidup lebih hidup. Ada kebanggaan tersendiri. Lama-lama kan bosen kalo menggunakan itu-itu saja.. sifat dasar manusia.
  • (9) Update dan Upgrade OS Ubuntu sangat mudah sekali.. terutama kalo kita memiliki koneksi internet yang memadai, maka dijamin OS kita akan selalu fresh dan tidak ketinggalan zaman. Namun jika tidak ada koneksi internet maka kita bisa membeli CD Repository-nya dengan harga yang murah meriah.
  • (10) Pekerjaan saya tidak lagi menuntut saya harus menggunakan OS Windows.. karena tidak ada lagi aplikasi dikantor saya yang berjalan di berbasis OS Windows melainkan hampir semua aplikasinya bermigrasi ke web based yang tidak tergantung dari OS-nya.
  • (11) Sekarang saya adalah web programmer dan bukan desktop programmer lagi. Dulu saya sempet kerja sebagai desktop programmer (Delphi) namun akhirnya saya lebih prefer dengan web programming (Linux Apache MySQL PHP / LAMP). Meski di OS Ubuntu ada Lazarus (sejenis Delphi) namun tentu saja akan lebih sulit mendevelop aplikasi OS Windows pada lingkungan OS Ubuntu (kompatibilitasnya).
  • (12) Karena gratis sehingga saya tidak peru mengeluarkan dana teralu banyak untuk aplikasi pada komputer saya. Meski bisa saja pakai bajakan, namun kelihatannya sudah tidak tren lagi menggunakan yang bajakan, apalagi sudah ada solusinya yaitu menggunakan OS Ubuntu (Linux) jadi tidak ada istilah darurat lagi.
  • (13) OS Ubuntu memiliki aplikasi bernama WINE, yaitu sebuah aplikasi yang bisa menjalankan “semua” aplikasi OS Windows, misal kita ingin menggunakan Ms Office, maka kita bisa menginstall MS Office kita menggunakan aplikasi WINE, aplikasi-aplikasi OS Windows lain juga bisa seperti : Dreamweaver, Firework, Winamp, dsb.

Penulis : Ockto ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 13 Alasan Orang Menggunakan Ubuntu ini dipublish oleh Ockto pada hari Jumat, 23 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 13 Alasan Orang Menggunakan Ubuntu
 

0 komentar:

Posting Komentar